Archive for the ‘Tips’ Category

Bersepeda ke tempat kerja di bulan puasa, kenapa tidak?

Sunday, July 29th, 2012

Banyak orang berpikir bersepeda dibulan puasa hanya akan membuang tenaga kita, bahkan mengkambing hitamkannya sebagai penyebab batal puasa.

Puasa bukanlah kendala untuk melakukan kegiatan apapun. Tubuh kita sebenarnya memiliki daya tahan untuk melakukan aktivitas dan kegiatan rutin sehari-hari, meskipun dalam keadaan menahan lapar dan haus saat berpuasa.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kita bersepeda di bulan puasa:

  • Beristirahatlah dan tidur yang cukup di malam hari agar mengurangi rasa kantuk dan lelah di pagi hari.
  • Makanlah makanan yang bergizi pada saat sahur sebagai cadangan energi pada saat kita melakukan aktivitas di pagi – sore hari. Makanlah karbohidrat yang lama dicerna, seperti oat meal, roti gandum, dsb. agar awet kenyangnya dan juga lauk kaya protein seperti telur dan daging. Tidak ada salahnya juga mengkonsumsi multivitamin atau madu penambah energi agar lebih percaya diri saat beraktivitas.
  • Periksalah kesiapan sepeda kita sebelum digunakan seperti tekanan angin, rantai, setelan groupset, baut-baut, dsb. Jangan sampai kita mendapat masalah di perjalanan hingga menuntun sepeda karena kita tidak mempersiapkan sepeda dengan baik.
  • Berdoalah sebelum berangkat. Dengan niat yang baik, niscaya Tuhan akan melindungi perjalanan kita.
  • Berangkatlah ke tempat kerja, minimal ½ jam lebih awal dari biasanya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek panas matahari yang akan membuat kita berkeringat lebih, serta menghindari polusi udara di jam sibuk.
  • Kayuhlah sepeda dengan santai agar tenaga tidak cepat terkuras dan menghindari dehidrasi. Hindari memforsir tenaga dengan tujuan agar cepat sampai.
  • Pilihlah rute ke tempat kerja melalui jalur-jalur yang teduh dan banyak pepohonan, namun jalur tersebut adalah jalur efektif. Jangan mencari jalur teduh namun melenceng jauh dari jalur biasa, karena hal tersebut juga akan membuang waktu dan tenaga kita.
  • Carilah rekan sepergowesan untuk menemani kita berangkat kerja, bisa merupakan teman sekantor ataupun rekan sejalur. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kebosanan karena gowes sendirian.
  • Tetap bersabar di perjalanan. Terkadang pesepeda mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan di jalan raya. Dengan tetap bersabar dan menjaga emosi, puasa kita akan tetap berjalan dengan baik dan tenaga kita tidak terkuras karena emosi berlebih.
  • Jangan pernah memaksakan diri jika kondisi fisik tidak memungkinkan. Jika tidak kuat di perjalanan, tidak ada salahnya melipat sepeda dan mencegat angkutan umum ke tempat kerja. :)

Semoga bermanfaat. Tetap puasa dan tetap gowes di bulan puasa. Selamat mencoba!